Rabu, 29 Mei 2013

Web Based Lesson Menentukan Rumus Luas Lingkaran
Saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, salah satunya yaitu internet. Saat ini Pemanfaatan internet dalam pembelajaran sangat perlu untuk digunakan karena dari penggunaan internet kita dapat membuat pembelaran lebih menarik untuk siswa. Untuk itu sebagai pendidik (guru) hendaknya dapat memanfaatkan teknologi yang ada dalam kegiatan belajar mengajar. Dibawah ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika materi tentang menentukan luas lingkaran dengan menggunakan pendekatan luas persegi panjang yang dipelajari disekolah menengah pertama (SMP) kelas VII semester 2. Berikut penjelasannya:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
A.   Standar Kompetensi
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
B.   Kompetensi Dasar
Menghitung keliling dan luas lingkaran
C.   Indikator Pembelajaran
1.     Menentukan Rumus Luas Lingkaran
2.     Mengitung luas lingkaran
D.   Tujuan Indikator
1.  Siswa dapat menentukan rumus luas lingkaran
2.  Siswa dapat menghitung luas lingkaran
E.   Metode Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet
F.    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran diawali dengan memanfaatkan video pembelajaran diyoutube yang berkaitan dengan menentukan luas lingkaran dengan menggunakan pendekatan luas persegi panjang.
Video pembelajaran ini dapat kita lihat dialamat berikut

  Pada pembelajaran yang disampaikan pada video ini berdurasi kurang lebih lima menit.  Kegiatan awal yang dilakukan dalam video ini adalah memberikan ilustrasi untuk menentukan rumus lingkaran dengan memberikan sebuah lingkaran yang di bagi menjadi 18 potongan yang sama besar yang dibagi menjadi 2 warna yaitu merah dan kuning dan salah satu potongan dari 18 potongan tadi dibagi lagi menjadi dua bagian yang sama besar yang di beri warna hijau. Selanjutnya dapat dilihat di dalam video yang telah disediakan.
Di bawah ini akan di berikan langkah-langkah kegiatan pembelajaranya:
No
Guru
Siswa
1
Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk menonton video tentang menentukan luas lingkaran dengan pendekatan persegi panjang.
Para peserta didik bersama-sama menonton yang telah disiapkankan.
2
Setelah menonton video tersebut, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menceritakan kembali isi pembelajaran yang disampaikan pada video yang mereka lihat.
Siswa menceritakan isi video

Untuk lebih memahami guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan seperti yang di perlihatkan pada video sebelumnya secara berkelompok.
Siswa duduk secara berkelompok dan melaksanakan kegiatan diskusi seperti yang dilihat pada video sebelumnya.
3
Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka.
4
Setelah kegiatan diskusi selesai guru mengajak siswa untuk mengerjakan kuis yang telah disediakan yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat.
Siswa mengerjakan kuis yang diberikan.
5
Sebagai bahan belajar tambahan, guru memberikan alamat web berisi materi tentang luas lingkaran.
Para peserta didik mencatat referensi yang telah diberikan.
6
Untuk kegiatan akhir  pembelajaran, guru mengajak siswa untuk bermain secara online menjawab soal berkaitan dengan luas lingkaran.
Siswa menjawab soal yang telah disediakan pada permainan.
Dalam kegiatan langkah-langkah pembelajaran pada tabel, kuis yang akan diberikan kepada siswa dapat dilihat dialamat web berikut http://id.gameforsmart.com/portal/matericontent.aspx?kt=sd-kelas-5&id=matematika-keliling-dan-luas-lingkaran. Dalam kuis ini terdiri dari 5 soal yang berbentuk pilihan ganda. Disini siswa akan mengerjakan soal tersebut dan langsung dapat melihat apakah jawaban yang ia jawab benar atau tidak.
Setelah melihat video dan mempelajari materi tentang menentukan luas lingkaran serta mengerjakan kuis,  siswa dapat bermain permainan online tentang luas lingkaran, tujuannya adalah supaya siswa dapat lebih mengerti lagi tentang materi yang telah dipelajari dan siswa tidak bosan dalam belajar. Permainan tersebut dapat dilihat di alamat web ini

Sebagai referensi untuk materi belajar tambahan dan siswa dapat belajar mandiri dirumah siswa dapat mendownload buku yang berkaitan dengan luas lingkaran yang dapat didownload didiberikan materi berbentuk pdf dan juga disuruh untuk mengerjakan latihan-latihan yang ada yang dapat didownload di http://matematika100.blogspot.com/2012/05/download-bse-matematika-smp-kelas-7.html.
Posted by Unknown On 00.31 No comments

0 komentar:

Posting Komentar

  • Facebook
  • Youtube