Kamis, 04 April 2013


    1.   Buka Ms Powerpoint.
    2.   Pada slide pertama buatlah judul materi pembelajaran “Menentukan Luas Lingkaran”.
a.   Pada penulisan judul bisa diganti tampilan tulisannya dengan cara blok judul yang akan diganti tampilannya, klik tab Format yang diatasnya ada tampilan tulisan Drawing Tools. Pilihan yang dipilih yaitu


b.   Ubahlah background tampilan slide dengan background yang diinginkan. Caranya klik tab Design, klik Bacground style dan klik Format Bacground. Setelah muncul tampilan Format Background pilih Picture or texture fill dan klik file, kemudian pilihlah background yang dinginkan berdasakan gambar yang ada di dalam data. Setelah gambar didapat klik open kemudia klik close pada Format Bacground.
c.    Tambahkan animasi pada slide pertama, animasi layar dan animasi pada saat memunculkan tulisan. Caranya klik tab Animations pilih animasi untuk layar, kemudian untuk tulisan, blok dulu tulisan, klik custom animation. Setelah tampilan custom animation muncul klik Add Effect klik Entrance klik More Effect (untuk mendapatkan effect yang lebih banyak) dan pilih Diamond setelah itu klik ok.
    3.   Pada slide kedua buatlah sebuah menu sebagai tempat yang digunakan untuk memilih beberapa alternatif pilihan, misalnya pilihan SK dan KD, Indikator dan Tujuan, Materi, contoh soal dan pilihan latihan soal. Pilihan ini dibuat untuk memudahkan kita sehingga kita dapat langsung memilih ke slide mana yang dinginkan. Misalnya jika kita memilih menu Materi maka slide yang muncul akan langsung ke slide yang memuat materi pembelajaran.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam membuat slide kedua yaitu:
a.  Buatlah tulisan Menu. Ubahlah tampilannya seperti pada langkah 2 bagian a. tambahkan juga animasi cara mengaktifkan animasinya sama seperti langkah 2 bagian b. Pada pilihan Custom Animasi klik Entrance pilih animasi Bounce, dan pada custom animasi pilih juga Emphasis pilih animasi Blink.
b.  Buat beberapa pilihan menu dalam bentuk tombol yaitu SK dan KD, Indikator dan Tujuan, Materi, Contoh Soak, dan Latihan Soal. Untuk membuat pilihan menu lebih menarik tambahkan beberapa shape untuk setiap pilihan. Caranya klik tab Insert pilih Shape pilih Rectangle kemudian gambarkan pada slide. Buat shape sebanyak  menu pilihan yang ditentukan.Untuk membuat tulisan pada shape tersebut klik kiri shape kemudian klik Edit  Text. Ketikkan nama menunya, misalnya SK dan KD.
c.  Pada setiap tombol menu akan kita aktifkan Hyperlink, gunanya supaya kita dapat langsung memilih slide yang akan ditampilkan. Misalnya kita ingin menampilkan slide SK dan KD maka slide tersebut akan muncul. Caranya klik salah satu shape menu pilihan (misal SK dan KD), klik Insert kemudian klik Hyperlink. Setelah muncul tampilan Edit Hyperlink pilih Place in this document pilih slide yang akan ditampilkan sesuai dengan pilihan tombol menu tadi, kemudian klik ok. Lakukan cara yang sama pada tombol lainnya untuk mengaktifkan Hyperlink.
Tampilannya sebagai berikut:
d.  Untuk setiap tombol dapat diatur tampilannya, gunakan langkah 2 bagian a.
e.  Gunakan animasi descend untuk setiap tombol.
    4.   Pada slide ke tiga buat SK dan KD dari materi menetukan luas lingkaran. Untuk membuat tampilan SK dan KD lebih menarik tambahkan Shape. Gunakan langkah 3 bagian b untuk menambahkan shape nya.
Tambahkan sebuah tombol ( tombol home). Tombol ini digunakan pada saat kita akan kembali ke slide bagian menu. Aktifkan terlebih dahulu Hyperlinknya seperti langkah 3 bagian b. Hasil tampilannya:
    5.   Untuk slide ke empat buat Indikator dan Tujuan dari materi menentukan luas lingkaran. Gunakan langkah yang sama dengan langkah 4 untuk pengaturannya.  
    6.   Pada slide ke lima kita akan membuat materi menentukan luas lingkaran. Buat contoh gambar yang berbentuk lingkaran yang mempunyai permukaan. Dari gambar tersebut buat pertanyaan, contohnya seperti ditunjukkan pada gambar dibawah ini:
·    Buat shape sebagai tempat untuk membuat pertanyaan, hal ini dilakukan untuk membuat tampilan lebih menarik. Pilih tab Insert kemudian pilih shape Cloud Calloud lalu gambarkan pada slide tersebut.
·    Tambahkan animasi pada setiap shape yang dibuat, gunakan langkah 2 bagian c untuk mengaktifkan animasinya. Animasi yang dipilih yaitu Spiral in untuk setiap kalimat, Spinner (untuk gambar)  dan Light speed animasi gambar. Animasi gambar dapa di cari di Google.
    7.   Pada slide ke enam Buat judul materi “Menentukan Luas Lingkaran Dengan Pendekatan Persegi Panjang”, kemudian pilih format dan tentukan warna shapenya.
·       Buat sebuah lingkaran.
     Langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuat lingkaran itu adalah sebagai berikut:
1)    Buat sebuah lingkaran dengan jari-jari tertentu, klik Insert pilih Rectangle gambarkan pada slide.
§  Tambahkan animasi, klik Animations, pilih Custom Animation. Setelah tampilan animation tampil, pilih Add Effect, pilih Entrance dan pilih animasi Plus.
2)    Buat titik pusat, klik Insert pilih Rectangle, buat lingkaran kecil kemudian atur formatnya pilih warna hitam.
§  Tambahkan animasi, klik Animations, pilih Custom Animation. Pilih Entrance pilih Flash Once.
3)    Pada lingkaran yang dibuat sebelumnya buat lah beberapa garis dalam lingkaran itu sehingga lingkaran tepotong dalam 8 potongan yang membentuk 8 juring.
Caranya:
·       Didalam lingkaran tersebut buat garis yang memotong lingkaran menjadi 8 bagian sama besar, salah satu juring dibagi 2 lagi sama besar, Garis tersebut terdapat dalam Shape pada tab Insert (namanya Line).
·       Pada tiap garis yang dibuat tambahkan animasinya. Klik Animations, pilih Custom Animation, pilih Add Effect pilih Entrance, pilih Box klik Ok.
·       Pada setiap animasi yang digunakan pada tiap garis buat menjadi satu group. Pada tampilan Custom Animation blok semua animasi Box yang digunakan pada setiap garis, klik kanan, pilih start with previous.
4)    Dengan menggunakan shape buatlah setengah lingkaran. Pilih insert pilih freeform. Untuk menggambar setengah lingkaran yang bagus kita gunakan gambar lingkaran yang asli (lihat di shape ada pilihan gambar lingkaran), selanjutnya ikuti pola lingkaran itu hingga membentuk setengah lingkaran yang sempurna.
-      Warnai setengah lingkaran itu dengan warna hijau.
-      Tambahkan animasi, klik animations, pilih custom animations, pada Entrance pilih animasi Circle. 
5)    Untuk setengah lingkaran lainnya kita bisa meng-copy setengah lingkaran yang telah dibuat, selanjutnya putar 1800 sehingga jika disatukan akan menjadi satu lingkaran penuh.
·       Warnai setengah lingkaran itu dengan warna orange.
·       Tambahkan animasi, klik animations, pilih custom animations, pada Entrance pilih animasi Circle.  
6)    Dengan menggunakan shape freeform, kita juga akan menggambar tiap juring-juring lingkaran, buat sebanyak potongan juring yang digunakan yaitu 7 juring dengan ukuran yang sama dan 2 juring lagi yang ukurannya sama, seperti gambar dibawah ini.
§  Susun juring-juring tersebut menjadi satu lingkaran penuh.
§  Berilah warna pada setengah lingkaran atas dengan warna hijau dan setengah lingkaran bawah warna orange, tampilanya seperti dibawah ini.
§   Atur animasi untuk setiap juring. Klik Animations pilih Custom Animations pilih Add Animation, pilih Entrance.
1.  Untuk setiap juring pilih animations Appear. Dari ke-9 animasi juring buat menjadi satu grup, caranya pada tampilan custom animation blok semua animasi yang digunakan untuk semua juring, klik kanan pilih start with previous.
2.  Selanjutnya setiap juring yang membentuk lingkaran akan kita pisahkan sehingga akan nampak potongan-potongan juring.
Untuk juring pertama caranya :
-      pada custom animations pilih motion paths, pilih Draw motion paths, pilih curve, kemudian gambar arah juring tersebut akan digerakkan.
-      Ulangi cara yang sama untuk masing-masing juring.
§   Buat lagi juring-juring tersebut dan bentuk menjadi susunan zigzag, sesuaikan juga warnanya. Tampilannya seperti berikut:
§   Gabungan antara lingkaran penuh dan susunan lingkaran yang telah disusun zigzag tambahkan animasi sehingga tampilan lingkaran akan seolah-seolah menjadi susunan zigzag. Untuk setiap juring kita gunakan masing-masing animasi:
-         Pada salah satu juring yang ada dilingkaran penuh, klik animations pilih custom animation klik Add Effect pilih Exit pilih Faded Zoom klik ok. Untuk juring pada susunan zigzag, klik animations pilih custom animation klik Add Effect pilih Entance pilih Peek In.
-         Untuk kedua animations pada juring tersebut kita akan membuatnya menjadi satu group dengan cara pada tampilan custom animation pilih animations juring tersebut klik kanan lalu klik start with previous.
-         Lakukan hal yang sama untuk setiap juring lainnya baik itu pada lingkaran penuh dan juga pada lingkaran yang disusun zigzag. Kemudian gabungkan kedua animasi itu seperti langkah diatas.
·       Buat beberapa kalimat untuk dijadikan petunjuk dalam langkah-langkah pengerjaan menentukan luas lingkaran tersebut, ditunjukkan seperti gambar dibawah ini.
Aturlah animasinya sesuai dengan urutannya. Untuk memakai animasi klik tab Animations pilih Custom Animation dan setelah tampilan custom animation muncul pilih Add Effect pilih Entrance pilih animasinya untuk tiap-tiap kalimat.
    8.    Untuk slide ke tujuh buat lah sebuah lingkaran penuh, pada tab insert pilih shapes dan pilih rectangle, gambarkan lingkaran pada slide. Selanjutnya bagi lingkaran itu menjadi 16 bagian yang sama besar sehingga membentuk juring-juring dan salah satu juring dibagi lagi menjadi 2 bagian sama besar. Untuk membagi lingkaran itu kita menggunakan Shape Line pada tab insert. Atur animasinya dengan cara klik Animations kemudian pilih Add effect dan pilih Enterance, pilih Circle klik Ok.
§  Selanjutnya dengan menggunakan shape buatlah setengah lingkaran. Pilih Insert pilih Freeform. Untuk menggambar setengah lingkaran yang bagus kita gunakan gambar lingkaran yang asli (lihat di shape ada pilihan gambar lingkaran), selanjutnya ikuti pola lingkaran itu hingga membentuk setengah lingkaran yang sempurna.
-      Warnai setengah lingkaran itu dengan warna hijau.
-      Tambahkan animasi, klik Aimations, pilih Custom Animations, pada Entrance pilih animasi Circle.  
§  Untuk setengah lingkaran lainnya kita bisa meng-copy setengah lingkaran yang telah dibuat, selanjutnya putar 1800 sehingga jika disatukan akan menjadi satu lingkaran penuh.
-      Warnai setengah lingkaran itu dengan warna orange.
-      Tambahkan animasi, klik animations, pilih custom animations, pada Entrance pilih animasi Circle.
Gabung lingkaran yang telah di gambar dengan masing-masing setengah lingkaran menjadi satu. Tampilanya seperti dibawah ini:
§  Buat beberapa juring dengan cara klik tab Insert pilih Shape pilih Freeform kemudian gambar tiap juring-juring tersebut (supaya tampilan juring rapi gunakan lingkaran penuh yang mempunyai 17 juring seperti yang di inginkan, kemudian gambar menggunakan freeform mengikuti pola lingkaran itu).
§  Tambahkan potongan lingkaran pertama yang berbentuk zigzag. Ini digunakan untuk membandingkan tiap potongan lingkaran yang telah disusun zigzag. Tambahkan animasinya dengan cara klik Add Effec pada tampilan custom animations pilih Emphasis dan pilih Blink dan klik Ok.
§  Buat kalimat sebagai seperti dibawah ini:
 Klik tab Insert kemudian pilih shape Cloud Calloud gambarkan pada slide kemudian klik kanan pada shape tersebut dan klik Add Text, masukkan text seperti diatas. Atur juga animasinnya.
§  Buat beberapa kalimat untuk dijadikan petunjuk dalam langkah-langkah pengerjaan menentukan luas lingkaran tersebut, ditunjukkan seperti gambar dibawah ini.
Aturlah animasinya sesuai dengan urutannya. Untuk memakai animasi klik tab Animations pilih Custom Animation dan setelah tampilan custom animation muncul pilih Add Effect pilih Entrance pilih animasinya untuk tiap-tiap kalimat.
    9.   Pada slide ke delapan, akan dibahas tentang menemukan rumus luas lingkaran. Tampilkan susunan zigzag lingkaran pada slide 7.  Pada bagian bawah susunan lingkaran buatlah sebuah garis yang sepanjang susunan lingkaran sebagai panjangnya. Di samping susunan lingkaran itu buat juga garis sebagai lebarnya.
Dibagian bawah garis yang menunjukkan panjang buatlah “ π x r ”, dan pada garis lebar buatlah “ r”.
Buatlah kalimat “ sisi panjang =  ? ”  dan “ ½ dari keliling lingkaran”. Selanjutnya buat kalimat “ sisi lebar = ? “ dan “ jari-jari lingkaran ”.
Aturlah masing- masing animasinya. Animasi pertama yang diatur yaitu:
§  Garis panjang : pada tampilan custom animations pilih Add Effect, pilih Entrance dan pilih Faded Zoom. pilih lagi Add effect pilih Emphasis dan pilih Blink kedua animasi ini berada pada urutan 1.
§  Kalimat “ sisi panjang = “ : pada tampilan Custom Animation pilih Add Effect, pilih Entrance dan pilih Rise Up. Pada “ ? “ animasi yang dipilih juga Rise Up, gabung menjadi satu Group dengan cara blok animasi “ ? ” pada tampilan custom animation kemudian klik Start With Provious, pastikan animasinya berada dibawah animasi “ sisi panjang “. Animasi ini berada diurutan ke 2.
§  Masih untuk “ ? “ tambahkan lagi animasinya yaitu pilih Add Effect pilih Exit dan pilih Box klik Ok. Untuk kalimat “ ½ dari keliling lingkaran ” pilih Add Effect pilih Entrance dan pilih Box. Gabung kegua animasi tersebut. Blok animasi “ ½ keliling lingkaran “ klik kanan pilih start with previous. Animasi ini berada diurutan 3. 
§  π x r “ : pilih Add Effect pilih Entrance pilih Rise Up. animasi ini berada di urutan ke 4.
§  Garis lebar : pilih Add Effect pilih Entrance pilih Wipe. Pilih lagi Add Effect pilih Emphasis pilih Blink. Animasi ini berada di urutan ke 5.
§  Kalimat “ sisi lebar “ : pada tampilan Custom Animation pilih Add Effect, pilih Entrance dan pilih Rise Up. Pada “ ? “ animasi yang dipilih juga Rise Up, gabung menjadi satu Group dengan cara blok animasi “ ? ” pada tampilan custom animation kemudian klik Start with provious, pastikan animasinya berada dibawah animasi “ sisi lebar “. Animasi ini berada diurutan ke 6.
§  Masih untuk “ ? “ tambahkan lagi animasinya yaitu pilih Add Effect pilih Exit dan pilih Box klik Ok. Untuk kalimat “ jari-jari lingkaran ” pilih Add Effect pilih Entrance dan pilih Box. Gabung kegua animasi tersebut. Blok animasi “ jari-jari lingkaran ”  klik kanan pilih start with previous. Animasi ini berada diurutan 7. 
Buat lagi kalimat:
Luas     O      = persegi panjang
                   = p x l
                   = ½ kll lingkaran x r
                   = ½ 2 pr x r
                   = pr x r
                   = p r 2
Atur animasinya masing-masing. Untuk setiap kalimat gunakan animasi Rise Up pada pilihan Entrance yang ada pada Add Effect.
Tambahkan lagi kalimat “ Jadi rumus luas lingkaran adalah p r “, tulis kalimat tersebut di dalam shape. Klik tab Insert pilih shape, pilih Cloud Calloud gambarkan pada slide dan tulis kalimat tersebut. Tambahkan animasi nya yaitu Light Speed.
     10.          Pada slide ke sembilan kita akan membuat contoh soal.
Atur lah animasinya. Semua animasi yang digunakan adalah animasi Entrance. Pada kalimat pertama dan kedua gunakan animasi Box, untuk kalimat “ jawab ” sampai kalimat terakhir gunakan animasi Rise Up.
     11.         Untuk slide ke sepuluh masih membuat contoh soal.
-      Pada “Contoh 2” gunakan animasi, pilih Add Animation pilih Entrance pilih Wedge klik Ok. Untuk kalimat “ Perhatikan gambar berikut “ gunakan pilih Add Effect pilih Entrance pilih Spiral in dan klik Ok.
-      Selanjutnya untuk membuat gambar seperti diatas buka tab Insert pilih shape pilih Rectangle dan gambarkan pada slide. Buka lagi tab Insert pilih Shape pilih Flowchart. Buat 2 buah lingkaran dengan ukuran yang berbeda dan tempatkan lingkaran tersebut seperti gambar. Untuk membuat text di dalam lingkaran itu klik kanan pada lingkaran kemudian klik Add Text, ketikkan kalimat “5 cm dan L1”, begitu juga dengan lingkaran kedua. Buka tab Insert lagi kemudian buka shape pilih Line dan gambarkan masing-masing lingkaran. Garis ini digunakan untuk menunjukkan jari-jari masing-masing lingkaran. Untuk membuat keterangan “21 cm dan 34 cm “ klik tab Insert pilih Text Box kemudian tuliskan “ 21 cm ” pada slide. Ulangi langkah itu untuk menulis “ 34 cm”.
Untuk animasi pada gambar tersebut, terebih dahulu blok semua gambar, kemudian pada Custom Animation pilih Add Effect pilih Entrance pilih Dissolve In sehingga animasi akan menjadi satu Grup.
-      Untuk kalimat “ Coba hitung daerah yang diarsir untuk π = 3,14 “ pilih Add Effect pada tampilan Custom Animation pilih Entrance dan pilih Wipe kemudian klik Ok. Untuk kalimat “ Penyelesaian” sampai dengan kalimat akhir gunakan animasi  Wipe.
    12.         Pada slide ke 12 buat latihan soal dari materi “Menentukan Luas Lingkaran”.
Pada slide ini hanya digunakan animasi. Klik Add Animation pilih Entrance dan pilih Rise Up dan klik Ok. Gunakan animasi Rise Up untuk setiap kalimat.

By Mona Aprinah 

Posted by Unknown On 10.19 1 comment

1 komentar:

  • Facebook
  • Youtube